Arduino pada Ubuntu 12.04

Menggunakan Arduino IDE pada windows mungkin sangatlah mudah sesederhana anda membuka aplikasi lain yaitu tinggal mengklik ikon/shortcut yang ada. Namun setelah hijrah ke Linux tentunya anda akan mengalami hambatan demi hambatan yang mungkin akan memaksa anda untuk mengeluh dan kadang menyerah dan kembali lagi ke OS yg lama. Hal ini wajar karena OS baru butuh waktu untuk menyesuaikan ,dan bila anda cukup rajin untuk bertanya di forum-forum saya pikir hal ini sangatlah membantu, thats why mengapa UBUNTU menjadi distro LINUX yang sangat dianjurkan untuk pemula karena distro ini merupakan yang paling banyak disuport oleh komunitas penggunanya maupun oleh perusahaan pembuat softwarenya canonical, kalo tidak percaya coba ketik ubuntu pada google maka ada akan banyak link referensi yang terkait dengan artikel yang anda tanyakan.
Nah kali ini saya ingin memberikan screenshoot step by step cara membuka IDE ARDUINO di ubuntu, diluar sana mungkin ada cara lain yang lebih mudah atau yang menambahkan perintah chmod pada terminal, namun saya rasa dengan cara ini kita akan lebih mudah memahami cara kerja sebuah terminal pada linux, karena terminal akan sangat banyak dieksploitasi pada OS berbasis linux.

Sebelum memulai download terlebih dahulu ARDUINO IDE untuk linux versi 0023 pada http://arduino.cc/en/main/software .
buat folder"ARDUINO" pada home, kemudian masukkan ke dalam folder tsb folder "arduino-0023". jika sudah ikuti langkah2 di bawah ini.....

1. buka terminal anda Ctrl+Alt+T ( it's a bit intimidating first, isn't?)
2. ketik cd ARDUINO
3. ketik cd arduino-0023
4  ketik sudo ./arduino
5. masukkan password sudo anda
6. Selesai, mudah bukan?,  gambar screeshoot ada di bawah:


Previous
This is the oldest page
Thanks for your comment